Pertolongan Pertama Kalau Tergigit Hewan Berbisa | Sumbangan Pertama Ketika Wisata Ke Maritim Hutan

INILAH FAKTA BARU AFRIYANI 'XENIA MAUT' SUSANTI | AFRIYANI DKK KERAP ISAP GANJA DI KANTOR dan TIPS MINUM OBAT YANG BENAR | Agar Obat dan Makanan Tidak Saling Sebabkan Interaksi
Gigitan hewan-hewan berbisa ini sanggup berakibat fatal. Namun jangan panik, simak ulasan mengenai tindakan pertama yang harus Anda lakukan, menyerupai dikutip Lonelyplanet:

Sengatan lebah atau tawon

Setelah menyengat, lebah atau tawon akan meninggalkan penyengatnya di kulit Anda. Cabut segera penyengat ini dengan pinset, namun lakukan dengan hati-hati biar tidak menusukkan lebih banyak racun sengatan lagi ke dalam kulit. Setelah itu, redakan rasa sakit dengan mengkompresnya memakai es atau kain lembap.

Gigitan kutu

Gunakan pinset untuk menarik serangga dari kulit. Pastikan pinset tidak terlalu menekan badan kutu tersebut sehingga tidak memecahkannya dan berbagi lebih banyak lagi kuman. Kutu sanggup membawa penyakit, waspadai tanda-tanda menyerupai ruam merah atau demam.

Lintah penghisap darah

Saat melihat lintah melekat di kulit Anda, jangan panik. Panik hanya sanggup menciptakan lintah tersebut semakin melekat dan menghisap lebih banyak darah di badan Anda. Gunakan alkohol, cuka, atau garam untuk melepaskan lintah dari kulit. Bisa juga dipakai rokok yang telah terbakar. Setelah itu, bersihkan area lintah tadi dengan antiseptik dan tekan hingga pendarahan berhenti.

Sengatan ubur-ubur

Begitu terasa sengatan ubur-ubur, segera keluar dari air, dan apabila binatang tersebut masih menempel, lepaskan dengan memakai pinset atau tangan yang telah dilindungi sarung tangan. Untuk meredakan rasa pedih sengatan, siramkan cuka ke bekas gigitan. Jangan mencucinya dengan air higienis ataupun menggosoknya, hal itu akan menciptakan rasa sakit semakin buruk.

Gigitan ular

Setelah terkena gigitan ular, yang pertama perlu diingat ialah bentuk, warna, dan jenis ular tersebut. hal ini penting biar paramedis tahu ular jenis apa yang menggigit Anda dan pengobatan apa yang Anda perlukan. Selama menunggu paramedis datang, jangan banyak bergerak, alasannya ialah sanggup ular menyebar ke badan lebih cepat apabila Anda banyak bergerak.
okezone.com

PERTOLONGAN PERTAMA JIKA TERGIGIT BINATANG BERBISA, Pertolongan Pertama Saat Wisata ke Laut & Hutan, Travelling, Tips Pertolongan Pertama Saat Dingat Lebah/Tawon, Tindakan Pertama Saat Digigit Ular, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts