Panduan Simpel Tata Cara Transaksi Online | Penjual Online Harus Paham Cara Transaksi

TIPS JITU MERAWAT KACA FILM MOBIL | Cara Aman Membersihkan Kaca Film Mobil dan TIPS AGAR 'EKSIS' DI TWITTER | 9 Tips Agar Kicauan di Twitter Dilirik
Sayangnya, banyak penjual online yang ternyata belum memahami pentingnya pemahaman tata cara pembayaran barang yang dijual. Seringkali mereka hanya bergantung pada beberapa pilihan transaksi pembayaran yang disediakan di marketplace tempatnya berjualan.

Tata cara transaksi online

Ketika menjadi seorang penjual online, sudah seharusnya Anda memahami tata cara transaksi yang harus dilakukan oleh pembeli. Ada beberapa alasan mengapa Anda harus mengetahui cara transaksi pembayaran barang, antara lain:

1. Andalah yang akan ditanya oleh pembeli

Ketika tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan, Anda sebagai penjual lah yang akan ditanya oleh pembeli ihwal cara transaksi pembayaran yang akan dilakukan. Pembeli akan mengajukan pertanyaan kepada Anda sebagai penjual, dan bukan pada marketplace daerah Anda membuka "lapak". Meskipun sudah banyak marketplace yang berintegrasi dengan beberapa bank nasional di Indonesia untuk transaksi pembayaran ini, pemahaman ihwal cara pembayaran yang sempurna sangat diharapkan oleh para penjual. Misalnya saja, penjual harus mengetahui metode pembayaran menyerupai system manual offline verification, atau automatic online verification, ataupun model Buy Now dengan mengandalkan status pesanan.

2. Penjual ialah orang yang akan dikomplain pembeli.

Jika Anda tidak mengetahui pentingnya cara pembayaran online untuk produk Anda, dan menyerahkan semua halnya kepada bank terkait tanpa mengontrol proses pembayaran. Maka dikala ada duduk masalah ihwal transaksi pembayaran yang tertunda dan berakibat pada keterlambatan datangnya produk ke tangan pembeli, maka otomatis Andalah yang akan dihubungi dan dikomplain oleh pembeli. Hal ini disebabkan karena, si pembeli hanya mempunyai kontak dengan Anda saja, dan bukan dengan marketplace, ataupun bank daerah transaksi.

3. Menghambat proses pembayaran

Beberapa marketplace mempunyai sistem sendiri untuk urusan transaksi, sehingga meskipun mereka sudah terintegrasi dengan bank tertentu, belum tentu proses pembayarannya membutuhkan langkah yang sama. Seringkali ada langkah tertentu yang harus dilakukan pembeli, contohnya melaksanakan verifikasi manual sehabis batal melaksanakan pembayaran yang akan menjadikan kesalahpahaman atau hambatan dalam pembayaran selanjutnya. Penjual yang tidak "kenal" dengan metode pembayaran marketplace akan memperlambat penyelesaian dikala ada pembeli yang menemui hambatan dalam proses transaksi.

4. Tidak semua penjual ialah pembeli

Sebaiknya jangan menyamaratakan pengetahuan semua orang ihwal tata cara bertransaksi online, lantaran tidak semua penjual ialah pembeli. Jika semua pembeli ialah penjual online, mungkin saja mereka sudah mengetahui tata cara pembayaran produk. Namun sayangnya di dunia online shopping tidak semua penjual ialah pembeli yang tahu proses pembayaran, dan mungkin saja pembeli ini tidak mengerti proses pembayaran.

5. Meningkatkan kepercayaan pembeli

Dengan memahami proses pembayaran secara online, maka dapat dipercaya Anda sebagai seorang penjual akan terjamin. Selain itu, kalau Anda menguasai pembayaran, pembeli akan lebih yakin bahwa Anda benar-benar serius untuk berjualan.
kompas.com

PANDUAN PRAKTIS TATA CARA TRANSAKSI ONLINE, Penjual "Online" Harus Paham Cara Transaksi, Belanja Online, Penjual Online, Tips Bertransaksi Secara Online, Tips Berjualan Secara Online, Online Shopping, Tips Jualan Via Internet
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts