5 Cara Menstimulasi Indera Peraba Bayi 0 - 6 Bulan

Pada usia nol hingga enam bulan, kemampuan indera bayi terus mengalami pertumbuhan. Maka dari itu, sebagai orang tua, anda harus memberikan stimulasi yang tepat agar indera perabanya berkembang dengan maksimal.



Dalam proses menstimulasi atau memberikan rangsangan pada bayi, umumnya akan melibatkan indera pendengaran dan penglihatan. Meski demikian, peran orang tua jauh lebih besar untuk mengoptimalkan kemampuan melalaui indera peraba bayi 0 - 6 bulan.

Lima Cara Menstimulasi Indera Sentuhan Pada Bayi di Usia 0 – 6 Bulan

1. Membiarkan Bayi Untuk Merasakan Beragam Sensasi Melalui Indera Perabanya

Pada usia 0 – 3 bulan indera peraba merupakan alat berkomunikasi bagi bayi. Umumnya jika belum bisa berbicara, sentuhan lembut melalui tangannya di wajah anda menandakan ucapan terima kasih. Belaian lembut dari tangan anda juga menjadi salah satu alat untuk berkomunikasi dengannya.

Dengan mengusap lembut, menggelitik, lalu menggaruk pelan ke bagian kepalanya, bisa memberikan stimulasi sentuhan pada bayi. Bahkan tindakan ini dapat membantu Si Kecil untuk meningkatkan berat badan, aktivitas, dan kesiagaan bagi bayi prematur.

2. Ketika Memandikan Bayi Coba Untuk Merasakan Sensasi Dari Usapan Handuk

Sebelum memulai memandikan bayi, biarkan permukaan kulitnya merasakan handuk sebagai kain alas. Usaplah dan sentuh seluruh permukaan tubuh Si Kecil sebelum mulai memandikannya.

Lakukan juga stimulasi sentuhan setelah memandikan bayi dengan memakaikan baju. Hal tersebut akan membantu bayi untuk lebih mengenal berbagai macam tekstur dan suhu dari banyak barang.

3. Ketika Menyusui Cobalah Menstimulasi Dengan Sentuhan Anda

Ketika bayi sedang disusui, anda bisa mencoba menstimulasinya memakai kalung manik – manik. Pilihlah model yang memiliki berbagai macam bentuk, tekstur, ukuran dan berat untuk di sentuh sekaligus dipegang bagi Si Kecil.

Pastikan kalung harus kuat, tidak mudah putus, dan tidak mengandung bahan yang beracun atau bahan berisiko lainnya. Selain itu, anda juga bisa membiarkan tangannya menggenggam salah satu jari anda saat menyusu.

4. Menstimulasi Saat Melakukan Pijatan

Upaya lain yang bisa anda lakukan untuk menstimulasi indera adalah dengan melakukan pijatan. Hal ini bisa memperkuat rasa kasih sayang dan emosional bagi ibu dan anak. Namun, jangan asal untuk menekan badan bayi, lakukan dengan lembut dan teratur.

5. Menstimulasi Saat Mengganti Popok

Selain menstimulus saat memandikan dan menyusui, indera peraba dapat diasah saat mengganti popok, mengganti pakaian, dan menggendong sambil memeluk bayi. Tiap sentuhan indera peraba bayi 0 - 6 bulan dapat membantu lebih sensitif.

Demikianlah lima cara yang bisa dilakukan para ibu untuk menstimulasi indera peraba bayinya, info lebih detail dapat diakses di link berikut ini https://merries.co.id/community-parenting/tumbuh-kembang/cara-menstimulasi-indera-peraba-bayi-usia-0-6-bulan

Semoga bermanfaat 😊

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts